Search This Blog

Tuesday, February 19, 2008

POTSDAM - Schloss Sanssouci

Weekend ini, bersama beberapa teman dari indonesia yang sama2 study di Berlin aku pergi ke kota Potsdam. Potsdam sebuah kota kecil yang sangat indah terletak ditenggara Berlin. Kota ini terkenal karena perjanjian pengahiran perang dunia ke2. Tapi yang paling menarik dari kota ini adalah Istana bertaman yang disebut Schloss Sanssouci.
Istana ini dibangun oleh raja Frederick Agung pada tahun 1744, sebagai tempat kediamannya sehingga Ia bisa 'san souci" (bhs prancis yng artinya "tanpa khawatir") meninggalkan sidang/ "Court".
Ynag paling istimewa dari istana ini sebenarnya adalah tamannya yang spektakuler.
Kami berangkat meningalkan Berlin sekitar jam 11 dari Berlin Hauptbahnhof (Berlin Central Station) dan sampai di Postdam jam 12. Sebenarnya ini adalah kunjungan ku yang kedua ke tempat ini. kali pertama aku ketempat ini pada bulan Oktober 2007, ...waktu itu aku kesini sama Om benny, mama dan papaku.


Secara keseluruhan pemandangannya keren abis... tamannya ditata dengan sangat apik dan bertingkat-tingkat tersusun amat menarik mulai dari bangunan utamanya terus membetang ke bawah sampai ke kolam air mancurnya. Di sekitar air mancurnya terdapat beberapa patung yang juga ditata dengan sangat impresif.......cuman nih ada cumannya....hehehe.....sayang kita itu kemaren perginya kok ya pas winter..... jd taneman udah pada rontok dan patung2nya semua juga pada ditutupin, mungkin untuk pengamanan terhadap cuaca dingin kali yah.....jadinya yah sayang baget boo... ^_^.

(Liat deh tuh tanemannya pada gundul dan Patung2 nya di tutupin pake kotak rumah2an)

beda banget dengan waktu pertama aku ketempat ini, tamannya hijau royo2 dan bunganya masih bermekaran dimana-mana...luar biasalah.....padahal waktu juga itu udah mulai masuk musim gugur juga tuh. tapi semuanya masih menarik buat dinikmati.......kebayang deh kalo bulan juni sampe agustus pasti tamannya lebih menarik lagi kali yah.....tar deh kalo musim semi aku liat lagi.


(Pemandangan Sanssouci Schloss at summer)

Selanjutnya habis muter-muter menikmati tamannya, rencananya kita pingin masuk....biasalah pengen liat2 gitu...katanya dalemnya juga bagus....tapi ga jadi ...gimana gak nyebelin buat kita anak2 indonesia yang sangunya rupiah...jadi kerasa mahal banget tiket masuknya.....bayangin aja untuk pelajar seperti Qt ini.. tiket masuk ke dalem istananya tuh 17 EURO (kurs 1Euro=14.560,- kan sekitar 250.000an tuh) yah mending buat makan lah duitnya....hehehe..!!! so ya kita bernarsis ria sajalah di tamannya walaupun sambil kedinginan... hahaha...







foto 1 kita (ki-ka) : Banyu, Dini, Crystal (aku), Ina, Ayu, Arni, Danil.




(Weleh weleh Danil....napa tuh lari2 mo nangkep bebek....hehehe)

2 comments: