Search This Blog

Sunday, May 18, 2008

Karnaval der kultur '08

Karnaval der kultur adalah karnaval kebudayaan yang tahun 2008 ini berlangsung di kota Berlin dari Tgl 9 Mei sampai 12 Mei.....di ikuti partisipan dari berbagai bangsa atau setidaknya menggambarkan kebudayaan yang mewakili berbagai bangsa meliputi lebih dari 100 kelompok penampilan. Setiap hari karnaval ini berlangsung dari pkl. 12.30 s/d 20.00. Barisan karnaval berlangsung dari daerah Herman Str. dan menyusuri berbagai jalan hingga berahir di daerah "mana gitu"...lupa deh aku.

Siang itu aku nonton nih karnaval bareng ama temen ku Ina dan Allan. Kami memilih nonton didaerah Maringdamm. Kami sampe di Maringdam sekitar jam 15 sore.....udah mulai sore sih....tapi asal tau aja, minta ampun deh ternyata sengatan matahari sore itu lumayan menyengat.....hehehe jadi ingat jakarta pas jam 12 siang gitu deh. memang bulan Mei sudah masuk Spring sih dan secara keseluruhan cuaca sih enak gitu....suhu rata berkisar 16 -18 derajat.
Cuma malaemnya mulai bergeser....kalo bulan desember jam 4 sudah mulai gelap sekarang jam 8 malem masih terang. Nah jam tiga itu rupanya matahari menyengat lumayan terik...sampe-sempe pas pulang baru naydar kalo kulitku jadi belang gitu.

Cukup lama menanti...karena ronbongan karnaval ternyata belum nyampe lokasi tempat kami berdiri.....sementara penonton udah berjubel sepanjang jalan. Nah setelah menanti beberapa saat ahirnya yang kita tunggu2 muncul juga. Pawai didahului oleh barisan yang mengusung kebudayaan Mexico.....cukup besar rombongan mereka....sampe 3 rombongan yang menampilkan berbagai atraksi dan pakaian warna-warni yang amat menarik.


(wah si bapak...mesra amat tuh....panas2 masih sempet cium patnernya ditengah keramaian gini)


Rombongan berikutnya dari serbia




(Lihat deh tuh orang2 yg tak sadar akan diambil sama setan.. hehehe.. zum spaß /just kidding)

Panasnya matahari tak menghalang niat tuk ngambil foto.. sumpah bener2 panazzz..!! hehehe...

Rombongan selanjutnya nih ga tau dari daerah mana.. soalnya kadang mereka ga ngasih tau dari daerah mana cuma temanya mereka aja.. hohoho...yang penting seru lah.


Ada yang bawa ban segala, mengambarkan dia tuh pasukan antivirus yang siap memberantas dengan cara melindas habis segala jenis virus......asal jangan virus cinta aja deh....hahaha, yha pokoknya sekreativ mungkin merekalah..



Nah robongan yg ke4 nih 100% aku tau dari mana asalnya walau cuma ditulis temanya aja....
rombongan ini dari Indonesia dengan tema tahun ini "Suara2 nakal" (maksudnya suara dari gendang2 dan gamelan bali gitu)....mereka menari-nari dengan riang gembira...ada yang berlagak kaya sedang nari kecak dan lain lain. Yah menurutku lumayan lah dibanding tahun lalu,katanya tema dari Indonesia lebih ngga jelas lg.. temanya "kacau balau" kali.... hehe..


Hanya tahun ini sayang banget deh, karena partisipan yang ikut karnaval itu ternyata semuanya bule abis gitu...ga ada orang Indonesia yang ikut....kita orang Indonesia yang nonton jadi kecewa gitu rasanya...karena mereka menari dan memainkan musik Bali itu kurang pas gitu...terlihat ga profesional ....(tapi buat bule2 yng nonton asik aja kali yah.....yang penting semanngat dan rame).
.. hehehe.. yha emang susah sih ngumpulin student2 Indo.. yha pada sibuk (kali ye) & yg pastinya cape banget kalo ikut karnaval ini.... mereka keliling tiap hari, selama 3hari dari jam 12.30 - 20.00.. ckckck...


(Nih Rombongan penabuh gamelan bali...lagi beraksi).

Rombongan2 yang berikutnya banyak yang aku ngga tau dari mana asalnya.. tapi seru2 semua deh.... ^_^



Rombongan berikut ini mereka bertemakan "money"...mereka mengangkat tema hal2 yang bersifat materi gitu dengan diiringi lagu yang bertema uang juga, isinya kurang lebih gini nih: "money.. money.. money.. u'r make me happy"...hehehe
yha kira2 gitu lah textnya..



Sebenernya sih masih banyak bgt rombongan karnaval2 yang lainnya.....
tp maklum lah, karna cuaca yg tak mendukung alias panazznya bukan main jd dari 100an perwakilan negara kita cuman sanggup nonton 30an lah kurang lebih.....,trotzdem haben wir shon viel spaß gemacht (meski begitu Qt dah seneng kok..) ^_^.. smoga Indonesia taun depan bisa ikut dengan mengusung tema yang lebih baik & menang gitu sekali2.. ^_^

No comments:

Post a Comment