Search This Blog

Tuesday, February 10, 2009

Hemat Keliling Jerman

Kalau Anda hobi backpacking atau travelling? dan berencana keliling eropa khususnya keliling Jerman; berikut adalah ide yg biasa aku lakukan bersama teman2 pelajar yg tinggal di Berlin kalo ahir pekan. Biasanya setiap liburan hal ini jadi acara rutin kami yaitu jalan2 keliling Jerman berkelompok,
kelipatan lima orang.....kenapa. Karena di Jerman, ada cara hemat untuk jalan-jalan di akhir pekan dengan tiket kereta murah yang bisa dipakai pergi beramai-ramai ke kota manapun di Jerman.

Tiket murah ini dikeluarkan oleh PT KA Jerman yaitu Deutsche Bahn (DB), namanya "Wochenende Ticket" atau tiket akhir pekan. Ini adalah tiket group yang bisa kita pakai bersama2 dimana satu tiket bisa dipakai sampai dengan 5 orang untuk pergi kemanapun di Jerman pada hari Sabtu atau Minggu.

Tiket akhir pekan ini menjadi favorit mahasiswa asing di Jerman untuk berjalan-jalan, termasuk para mahasiswa Indonesia. Kalau mau jalan agak jauh sejak pagi buta, kita sudah harus bersiap di stasiun untuk bertamasya ke kota pilihan kita. Kenapa waktu harus kita perhitungkan betul, perlu diingat kereta ini kategorinya adalah kereta regional, jadi dia jalannya ga secepat ICE misalnya yang emang kereta kls 1 untuk perjalanan jauh. Jadi kalau kelewat jauh kotanya entar kita cuma lama dikereta aja dan ga sempat menikmati wisata dikota tujuannya.

Masa berlaku tiket adalah tanggal yang tertera di tiket sampai pukul 03.00 dini hari berikutnya. Untuk menggunakannya kita cukup merogoh kocek sejumlah 37 Euro untuk membeli Wochenende Ticket.....wouuu murah banget kan, karena itu artinya, jika dipakai berlima, kita masing-masing patungan cuma 7,4 Euro atau sekitar Rp 120.000 doang....murah banget yah bahkan untuk ukuran Indonesia tuh, apalagi kalo ukurannya pendapatan orang eropa.

Harga ini sudah termasuk tiket transportasi publik dalam kota loh, seperti kreta2 dlm kota (S & U Bahn) atau bus, kecuali tram selama hari itu. Ini adalah harga yang murah mengingat 7 Euro itu kalo kita beliin kebab (makanan favorit kita anak2 indonesia yang murmer) cuma setara dengan harga 2 - 3 porsi kebab di Berlin. Untuk membelinya, mudah sekali karena tiket ini bisa dibeli di kantor DB di setiap stasiun kereta besar, kalau kita males beli di loket, ada mesin tiket otomatis yang bentuknya mirip ATM.

Biasanya kota tujuan jalan-jalan tidak terlalu jauh dari kota asal, yah rata2 sekitar 3 jam-an lah perjalanan yang enak dan bisa kita tempuh. Bukan apa2 kalo kalian mau jalan yang jauh si bisa2 aja, tapi kalo aku sih ga saranin hal itu, kenapa..?! tujuannya agar waktu tidak terbuang percuma di kereta. Tiket bisa kita beli kapan aja,termasuk dihari keberangkatan kita. Kami yang tinggal di Berlin bisa berjalan-jalan sampai Hamburg, Dresden atau Leipzig.
Sementara yang tinggal di Frankfurt bisa berjalan-jalan ke Köln atau Stuttgart.

Kereta yang kita gunakan bernama Regio atau biasanya dikenal dgn RE (Regional Express), kereta ini adalah kereta regular yang melayani rute2 antar kota. umumnya kereta ini berlantai dua tapi banyak juga yang cuma satu lantai, dan dibanding dengan kereta di Indonesia rasanya naik kereta ini jauh lebih nyaman, khususnya untuk perjalanan yang ngga begitu jauh jaraknya. Kalau kita pas dapet kereta yg bertingkat asik tuh kenapa....., jika ingin melihat pemandangan secara lebih bebas ga ada pilihan lain kita bisa duduk di lantai 2 .....wah serasa naik Hop on hop off doubel deck-tourist bus keliling kota yang banyak terdapat di kota2 besar dunia tuh, pemandangan terbentang luas...hehehe. Tapi kita bisa juga sih duduk di lantai satu, walau umumnya untuk kereta ber lantai 2, lantai satunya sebagian diperuntukan bagi mereka yang cacat, membawa kereta bayi, ataupun sepeda.

Nah Foto2 diatas adalah beberapa contoh perjalananku bersama temen2 dimasa liburan kemaren.

1 comment:

  1. weh weh weh :) makan kebab sambil liat pemandangan salju, tapi dingiiin bangettu kayaknya hehehe

    ReplyDelete