Search This Blog

Monday, June 2, 2008

Holland part 3..

Wahh...tinggal 2 hr lg w di Belanda....ckckckc...n'gak kerasa waktu cepat berlalu yah....hr nie Qt (ayu,ina & aQ) bangun jam 11an.. kecapean x yha... hehehe.. bangun2 dah ga da org.. padahal hr ni hr minggu.. ternyata semua sibuk krna ada pasar malam tong-tong & kl kak aris ternyata dy harus kerja gt.. yasud lah.. setelah di telpon ma kak aris ngasih tau kl di kulkas ada makanan.

Nah karena bangun tidur kita agak kesiangan perut pun terasa lapar langsung deh hal yang pertama dilakukan sebelum mandi adalah makan. Qt makan nasi pake mie goreng, rendang, perkedel jagung.. yummy enak.. Selesai makan nah baru deh kita semua antri mandi karena hari ini kita rencana mo jalan2 ke Centrum nya Den Haag, maklum dua hari kita di Den haag belum sempet jalan2 seputaran kota, karena hari pertama kita ke Amsterdam buat nonton Slank dan hari kedua kita ke volendamm & ke musoen den haag acara "indonesien cultur night".

Sebelum ngebahas lebih lanjut soal jalan2 ke Den haag centrum baiknya kita kenal dulu lebih dekat mengenai kota ini. Den Haag dalam bhs Inggrisnya: The Hague yang arti harafiahnya adalah "pagar", karena pada jaman dulunya katanya kota ini memang sebuah kota yang dipagari. Tapi pada tahun 1950an pada masa pemerintahan Perancis karena menghambat perkembangan kota pagar kota pun dirobohkan. Secara administratif Den haag adalah sebuah gemeente (dalam bhs Indonesianya kurang lebih Kotamadya gitulah). Walaupun Den haag bukan Ibukota Belanda (Amsterdam Ibukota Belanda) tapi kota ini adalah kota pusat pemerintahan Belanda dan tempat parelemen berada. karenanya kedutaan besar negara2 asing termasuk Indonesiapun berada di kota ini.
halte tram deket rmh kak aris..

lg nunggu tram 17 ke centrum..

Qt ga turun di centrum tp, jd 1 stasiun sblm centrum.. so Qt bs foto2 & tinggal jln diQt ke centrumnya...

Danau didaerah centrum.. dengan latar belakang gedung "Binnenhof" yang cantik

Sepasang angsa dan itik sedang menikmati suasana di danau samping Binnenhof


Binnenhof adalah tempat dimana segala sesuatunya bermula yang ahirnya berkembang jadi kota Den Haag. Ini adalah complek dari bangunan2 yang semula di bangun antara th 1230 dan 1280 sebagai Castel. Walau awalnya komplek ini bermula dari pondok berburu, komplek ini terus dikembangkan oleh beberapa Pangeran ("counts") termasuk Count Floris V. Pada abad ke 14 pemukiman di sekitar komplek ini dikenal sebagai "Den Haag" yang dibangun mengelilingi castel ini.


Patung Koning Wilhemina I

Bertiga di inercourt Binnenhof

kolam di depan bangunan Ridderzaal

Lagi nampang di depan Ridderzaal

Ridderzaal (Hall of Knights) merupakan gedung utama yang terletak di innercourt komplek Binnenhof, dimana di haal ini Ratu Belanda setiap Selasa ke3 di bulan September membuka sidang Parlemen Belanda. Komplek Binnenhof sendiri sekarang dipakai sebagai bangunan pusat pemerintahan Belanda yang terdiri dari 2 chamber (kalo di Indonesia kayak gedung DPR dan MPR gitu)

Gerbang Binnenhof Den Haag, yg merupakan komplek Pusat Pemerintahan Belanda

Lagi mejeng dengan latar belakang bendera Belanda di salah satu bagian kompleks Bennenhof.. hohoho...
Lihat tuh Sepada diparkir berderet-deret (kayak Spd Motor aja kl di Jakarta) di pertokoan depan Benninhof. Orang Belanda emang hobby naik sepeda.

Noordeinde Palace salah satu Istana tempat ratu belanda tinggal

Noordeinde Palace istana tempat Queen Wilhelmina dan suaminya Prince Hendrik bertempat tinggal sejak tahun 1901 s/d 1940. Sejak th 1984 istana ini dipakai sebagai kantor oleh Queen Beatrix.

Pemandangan Beberapa Gedung Indah Di dekat Stasiun Kereta Den Haag Centraal

Setelah puas jln2 di centrum trs Qt pergi deh ke pantai Scheveningen... ini tempatnya ga begitu jauh dari Centrum, kalo naik tram cuma melewati beberapa stasiun aja. Nah ceritanya kita tuh rencananya sih mo berjemur dan main air gt.. ehh ternyata pagi ini hujan dan udara jadi kerasa dingin deh, jadi celana pendek & sendal yg dah Qt bawa gak kepake.. hahaha.. nah di tepi pantai ini ,Qt bakal ketemu sama sebuah hotel besar yg bersejarah khususnya bagi bangsa Indonesia ....namanya hotel Kurhaus.

Nah ceritanya dulu disinilah tempat diadakan (KMB) Konfrensi Meja Bundar antara pemerintah Belanda dengan para pejuang kemerdekaan RI.

Pantai Scheveningen yang indah dengan latar belakang Hotel Kurhaus. Perhatikan deh langit yg terlihat gelap tanda mau hujan lagi.

Sampe di pantai krn dingin perut ini jadi kerasa laper banget, biasalah Qt mulai cari ganjel perut dulu sebelum jalan lagi.... dan di sebuah cafe di pantai itu kita beli makanan yang murah meriah...patat (bahasa jermannya "kentang goreng").. yummy bgt deh.. atau mungkin krn laper jg x yha.. hehehe..sambil makan kita ngobrol ngalor-ngidul dan tak terasa makanan pun habis...dan perutpun sudah terasa kenyang.

Ayu makan patat dengan lahapnya.. hahaha

Setelah kita baru deh kita bisa jalan dengan cukup gagah...maklum perut udah isi..hehehe...dan kita nerusin foto2 lagi di tepi pantai....o ya menurut ku pantai ini lumayan bagus deh.... banyak burung camar jg beterbangan kian kemari....semua itu menambah kesan menarik dari pantai ini.


Di pantai dekat dengan hotel Kurhaus ada bangunan yang menjorok ke laut (foto di latar belakang) itu adalah The Pier, dan perhatikan deh tuh yang kayak menara dengan Crane nya itu bukan crane buat angkat2 barang kaya di pelabuhan Tanjung Periuk gitu loh...tapi itu menara khusus untuk "bunji jumping" ...wuih gimana tuh rasanya jumping dari tempat setinggi itu yah....

Ternyata pantainya ga bersih-bersih amat sih...beberapa bagian terlihat sedikit kotor.. hehe..sampah botol berceceran,tp cm dibagian ini aja c.. selebihnya bersih kok.. hehehe..mungkin karena tong sampahnya udah penuh mereka pada lempar aja sampah botol disekitarnya.


Setelah puas Qt nge-schav di schaveningen Qt cabut krn dah janjian ketemu di pasar malem tong-tong.. Qt mutusin tuk pulang ke rmh kak aris dulu,istirahat 30menit trs baru berangkat ke tong-tong.. di belanda alat transport umumnya hanya tram & bus.. & d tram tuh ticket pasti diperiksa trs .. so aku curi2 foto petugasnya deh, kenapa aku foto karena petugas disini beda bgt gayanya dibanding dengan petugas pemeriksa ticket di Jerman.. kl di belanda semua petugasnya pake seragam, jadi Qt bisa tau kl tiket Qt mo diperiksa.. kl d jerman petugasnya ga pake seragam dan jarang banget ticket diperiksa, ....pemeriksaan ticket itu sifatnya menjebak kalo di Jerman, Qt harus selalu siap2 aja karena ga tau kapan tiket akan diperiksa..kalo sampe ketauan ga pegang ticket yng valid yah kena deh denda yang besarnya sampai 10x lipat dari harga tiket langganan 1 Bulan (yg normalnya 50 s/d 70 Euro)....klenger kan kita kalo sampai kena denda.

Petugas transportasi di Tram yg selalu siap ngedenda org yang ga bawa tiket atau bawa tapi tiketnya dah expired..


Tahun ini, Pasar Malam Tong-Tong (21 Mei-1 Juni 2008) yang diselenggarakan di Lapangan Maliveld dekat Stasiun Den Haag Centraal, telah memasuki usia ke-50 tahun hal ini ditandai dengan perayaan golden jubilee yang diliput luas oleh media massa Belanda/luar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dan Tanggal 21 Mei 2008 kemaren pasar malam besar ini di buka secara resmi oleh Ratu Kerajaan Belanda Beatrix. Setelah acara pembukaan, Ratu Beatrix didampingi sejumlah pejabat tinggi Kerajaan Belanda berkesempatan untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia dan disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, Junus Effendi Habibie.

Malam itu sampe di pasar malem, Qt langsung cari kassa tuk bli tiket masuk.. ehhh ternyata pas Qt sampe tu waktunya tinggal 30menit lagi sebelum pasarnya tutup, so yha ga jd masuk lah kita kesana.. sayang uangnya.. hehehe...

sepasang ondel2 yg menyambut kedatangan para pengunjung pasar malam tong-tong..

Tahun 2008 ini Istimewa karena Pasar malam besar Tong tong diselenggarakan yg ke50..

Bendera2 tinggi menjjulang menandakan dimana pasar malam tong-tong berada..


Karena udah ga mungkin jg masuk, ahirnya Qt mutusin tuk kembali ke centum & ngafe disana.. setelah muter2,bolak-balik ngeliat harga minuman d tiap cafe krna liat budget jg lah.. hehe.. akhirnya Qt masuk ke salah 1 cafe & mesen 3 capucinno.. ngobrol2 sampe jam 2 atu 3 gt.. krn takut tramnya udah gak ada lg jd selama ngobrol Q liat jam mulu.. hehehe.. sampe rmh kak aris semua dah pada tidur.. yg masih bangun mas ade yg lg masak tuk pasar malam besok.. nyoba tidur tp ga bisa2,malah lanjut ngobrol.. munkin krna efek kopi jg kl yha.. tp c ina udah molor duluan ternyata.. ckckck.. kopinya dah ngak ngefek lg tuk ina.. hehehe...

1 comment:

  1. Dear sayang..

    I'm proud of you....
    Terus tuangin aja apa yang km ingin ceritakandalam blogs mu...., karena pengalaman2 mu akan banyak bermanfaat....

    o yha... coba tulis juga dalam bhs jermannya donk yhank....

    GBU

    ReplyDelete